082210183000
082210183000
081286101000

3 Cara Menguji Keaslian Minyak Tawy

Menguji dengan Cara Melihat Kualitas Sari Buah Tawy (Yiwaunggen)

Sari Buah Tawy (Yiwaunggen) yang berkualitas tidak memiliki endapan atau pasta (atau dalam bahasa Lani disebut Tawy Amok). Hal ini bisa diketahui dengan cara melihatnya. Yiwaunggen yang ada di dalam botol transparan bisa langsung diketahui dengan cara menyorotkan lampu senter atau lampu lain dan melihat bagian sisi sebaliknya.

Jika terlihat ada endapan, kualitas Yiwaunggen tersebut patut dipertanyakan karena kemungkinan endapan tersebut adalah pasta atau juga bisa jadi campuran minyak goreng atau campuran kecap dan campuran lain. Jika dituang di dalam piring atau sendok, Yiwaunggen berwarna merah tua. Bila Yiwaunggen digosok di badan, warna Merah akan hilang, yang terlihat ialah minyaknya di kulit.

Bila Yiwaunggen berwarna hitam maka itu tandanya Yiwaunggen sudah gosong atau hangus saat proses pembuatannya. Sementara itu, Yiwaunggen yang berwarna kekuningan menandakan proses pemasakannya terlalu lama dan merupakan minyak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan.

Yiwaunggen yang keruh menandakan masih banyak campuran pasta dan perlu diendapkan lagi.

Menguji dengan Cara Mencium Tawy Yiwaunggen

Yiwaunggen yang berkualitas tidak mempunyai bau sama sekali atau hanya ada bau gurih yang mirip bau pandan. Berbau busuk berarti Tawy Yiwaunggen tersebut jelek.

Tawy Yiwaunggen yang berbau biasanya disebabkan proses pembuatannya tidak higienis atau terlalu banyak mengandung pasta (amok). Bau Tawy Yiwaunggen yang busuk menyerupai bau telur busuk. Berbau asam seperti bau cuka berarti Tawy Yiwaunggen sudah rusak.

Berbau gosong atau hangus berarti Tawy Yiwaunggen tersebut gosong karena proses pemasakannya dengan cara digoreng atau melalui proses pemanasan tinggi dalam waktu lama. Kandungan tokoferol dan betakaroten Tawy Wanggene seperti ini sudah banyak yang berkurang (menguap).

Menguji dengan Cara Merasakan Yiwaunggen dengan Lidah

Tawy Yiwaunggen yang baik jika dirasakan dengan lidah tidak mempunyai rasa sama sekali. Saat ini Tawy Yiwaunggen yang banyak beredar adalah dalam bentuk minyak.

Rasa Tawy Yiwaunggen dalam bentuk minyak sama dengan rasa minyak goreng biasa, tidak berasa sama sekali, baik manis, asam, asin, maupun asam.

Jadi jika terasa asam, berarti Yiwaunggen tersebut sudah busuk. Rasa manis atau asin berarti Yiwaunggen tersebut sudah tercampur atau dicampur dengan bahan lain, seperti gula, garam, atau zat lain.

Catatan:

  1. Dalam bahasa Lani disebut Tawy Amok dan Tawy Yiwaunggen, di mana Tawy Amok artinya Pasta Buah Tawy dan Tawy Yiwaunggen artinya Sari Minyak Tawy.
  2. Dalam Bahasa Lani menyebut Tawy untuk Buah Pandan yang Merah dan Wanggene atau Tawy Wanggene untuk Buah Pandan Kuning.