082210183000
082210183000
081286101000

Supply Buah Merah dari Kabupaten Jayapura dan Sarmi Mulai Rutin

Wednesday, December 2nd 2015. | Bisnis Tawy

Sejak BANANA Leaf Cafe memulai proses produksi Minyak Tawy (Buah Merah) di Jalan Internasional Festival Danau Sentani, Kalkhote Kampung Harapan, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, maka saat ini unit Produksi ini telah punya supply buah Tawy (pandan merah) secara rutin dari beberapa petani Tawy yang tersebar di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Sarmi.

Dengan realitas supply buah tawy yang rutin ini, maka Jhon Yonathan Kwano sebagai inisiator dan inkubator bisnis Buah Merah Papua di Jayapura mengatakan ini sebuah kemajuan yang sangan menjanjikan karena dengan demikian produksi Minyak Tawy akan mulai terjadi dengan volumen produksi yang sudah dapat ditaksir.

Dengan supply dari tiga Kabupaten/ Kota ini saja sudah dapat memproduksi lebih dari seratus liter Minyak Tawy dalam satu bulan. Itupupun hanya dengan metode produksi tradisional yang telah dimodifikasi oleh BANANA Leaf Cafe.

Dalam waktu tidak lama lagi, setelah Jhon Kwano berada di pulau Jawa, maka akan diusahakan mesin/ alat pembantu pengolahan Minyak Tawy yang lebih dari tradisional, sehingga sisi higenis dan sisi produktifitas dapat lebih meningkat daripada kondisi yang ada sekarang.

Menurut Kwano,

Kalau kami sudah yakin supply buah mentah sudah rutin dengan volumen yang memuaskan dan kondisi tempat produksi memenuhi syarat higenitas produk herbal/ obat/ makanan, maka kami akan segera mendaftarkan produk kami ke Balai POM. Secara hukum pengolahan MinyaK Tawy ini diadakan atas kerjasama KSU Baliem Arabica sebagai lembaga pembina di dalam CV BANANA Leaf Cafe.

Ambisi dari Jhon Yonathan Kwano sebagai koordinator inkubasi bisnis Papua sekaligus Direktur Utama PAPUAmart.com bahwa dalam waktu dua sampai tiga tahun mendatang produk BANANA Leaf Cafe ini akan masuk ke dalam pasar di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara.

“Kalau pasar di Indonesia kita sudah jelas tidak dapat dikalahkan. Tetapi kalau untuk pasar Asia Tenggara dalam rangka MEA, maka kami harus lebih dari yang ada sekarang, dari sisi higenitas, lisensi dan volume produksi.”, demikian kata Kwano.

tags: , ,

Artikel lain Supply Buah Merah dari Kabupaten Jayapura dan Sarmi Mulai Rutin