082210183000
082210183000
081286101000

Denny Yomaki Pioneer Khasiat Tawy (Buah Merah), I Made Budi Penerusnya

Saturday, September 12th 2015. | Informasi Tawy

Tidak banyak orang tahu bahwa Denny Yomaki, seorang mahasiswa di Universitas Cenderawasih, Jurusan Kimia ialah pioneer dalam penulisan ilmiah tentang Khasiat Tawy. Pada akhir tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an ada seorang mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih waktu itu bertemu dengan saya sebagai teman seangkatan,walaupun saya berkuliah di Program Studi yang berbeda, kami ada di Fakultas yang sama, begitu kata saksi mata yang dalam artikel ini tidak mau disebutkan namanya.

Masih menurut penutur cerita ini, pada waktu itu Denny Yomaki membagi-bagikan informasi kepada rekan seangkatannya tentang temuannya bahwa Tawy (buah merah) ternyata mengandung banyak sekali unsur di dalamnya yang berpotensi membantu manusia menyehatkan tubuh dan bahkan sangat mungkin menyembuhkan penyakit.

Kami yang tidak paham tentang kimia haya diberitahu bahwa Tawy punya khasiat begitu banyak. Mata rabun bisa pulih kebali, kecanduan rokok bisa dihentikan, sakit maag bisa disembuhkan, lemah syahwat juga bisa disembuhkan. Disebutkan sejumlah penyakit yang sewaktu itu namanya saja saya tidak kenal juga disebutkan.

Denny Yomaki juga menyebutkan bahwa penelitian yang dilakukannya itu pertama-tama ditolak oleh Dosen Pembimbingnya dengan alasan tidak relevan, tidak ada tulisan sebelumnya tentang Tawy.

Pandangan umum waktu itu, termasuk semua yang mendengarnya bahwa Tawy ialah makanan orang kampung, yang bikin kotor. Bagi orang yang menyukainyapun tidak lagi mengkonsumsi Tawy sejak mereka bersekolah di sekolah modern atau setelah menjadi pegawai negeri karena akibat makan Tawy semua benda, pakaian, mulut, tangan, pintu rumah, lantai, belanga, piring, semua akan menjadi merah dan akan sulit dibersihkan.

Masih menurut sumber cerita ini

Saya masih ingat waktu itu, Denny Yomaki punya semangat menggebu-gebu bahwa Tawy memiliki khasiat yang luarbiasa, dan dia telah membuktikannya dalam laboratorium kimia di Universitas Cenderawasih. Tetapi saya juga masih ingat dengan segar betapa para pendengar, termasuk saya sendiri yang dapat dikatakan “punya nenek moyang Tawy” tidak begitu bersemangat karena menganggap Tawy merupakan makanan yang mengotori banyak hal kalau dimakan di kota.

Pada waktu itu kami tidak berpikir untuk mengolahnya seperti yang dilakukan saat ini. Waktu itu kami masih berpatokan kepada pemikiran cara mengolah seperti yang ada di kampung, sehingga sulit kita bayangkan bahwa Minyak Tawy ada di dalam botol dan bisa dijual. Bahkan pemikiran memisahkan minyak Tawy dari Santan Tawy juga belum ada waktu itu. Yang kita tahu waktu itu Tawy berhkasiat menyehatkan dan menyembuhkan.

Menurut sang pencerita ini, sudah jelas dan pasti Drs. I Made Budi, yang kebetulan mengajar di tempat yang sama, di fakultas dan jurusan yang sama, membaca tulisan mahasiswa puluhan tahun sebelumnya, atau pernah mendengarnya. Menurut dia,

Kalau Pak Made bilang saya tertarik dengan kondisi tubuh orang gunung Papua yang begitu kuat dan prima, padahal makan makanan seadanya, lalu tertarik dengan buah merah sebagai salah satu makanan yang dikonsumsi oleh orang gunung, untuk mengetahui apa yang ada di adlamnya, maka secara logika ilmiah tidak jelas hubungan antara memilih buah merah dan orang gunung yang prima, apalagi logika nurani saya tidak terima. Logika ilmiah bisa dimanupulasi, tetapi logika nurani tidak akan pernah tertipu. Kita manusia, kita tidak hanya punya otak, tetapi nurani. Dan nurani selalu lebih benar daripada otak. Otak penipu, otak bisa manipulasi, otak bisa berkelak, tetapi nurani tidak.

Karena nurani saya tidak menerima, maka secara logika biarkan saya berspekulasi, bahwa temuan Denny Yomaki ini entah itu secara tertulis atau secara lisan dari mulut-ke-mulut pernah didengar oleh Drs. I Made Budi, yang kemudian membandingkan kondisi fisik orang gunung Papua, lalu memperkuat tekad untuk menelitinya.

katanya.

Masih menurutnya lagi, “Saya lebih suka menyatakan bahwa Denny Yomaki-lah penemunya, dan I Made Budi penerusnya yang mempopulerkan temuan Denny Yomaki!”

tags: , , ,

Artikel lain Denny Yomaki Pioneer Khasiat Tawy (Buah Merah), I Made Budi Penerusnya